Hobi Saya Dulu

Hobi Saya Dulu

Menurut Wikipedia, hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang.

Sedangkan menurut KBBI, hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Intinya hobi bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan saat waktu senggang dan kita bisa merasa bahagia dan antusias dalam menjalaninya. Menurut saya, hobi itu seperti itu.


Ceritanya, dulu itu saya punya hobi. Saya seneng dengan hobi itu. Namun setelah negara api menyerang, ceritanya pun berubah. Endingnya sungguh miris!

#NGGAMBAR


Sewaktu saya masih TK, saya suka banget nggambar dan mewarnai. Meski hasilnya ancur nggak karuan, tapi rasanya itu nyenengin banget. Semakin tumbuh gede, saya jadi bener-bener makin suka sama aktivitas nggambar.

Dari TK, akhirnya saya tumbuh jadi bocah SD. Skill nggambar saya tentu berbeda, ada sedikit kemajuan.


Kalau boleh dikata, dari kelas 1 sampai kelas 2, skill nggambar saya belum begitu keliatan. Ya, masih kaya TK tapi rada mendingan gitu kali yah.

Dari kelas 2 sampai kelas 4 (kalau nggak salah), saya ikut lomba nggambar tuh ceritanya. Saya lupa tepatnya kelas berapa, tapi saya masih ingat betul saya lomba sama cewek.

Saya sama doi berangkat pagi-pagi, dianter Pak Guru buat lomba. Boncengan bertiga menuju SD 1 Piasa Kulon, Somagede, Banyumas. Ya, yang namanya boncengan sama cewek pasti ada rasa deg-degan lah, kan saya laki dia cewek. Rasanya gimana gitu. Di lomba perdana kali ini, saya cuman dapet pengalaman aja.

Waktu semakin berlari mengikuti alurnya dan saya sudah kelas 5. Berhubung waktu itu ada pergantian Kepala Sekolah, saya jadi lebih bisa mengasah skill nggambar saya.

Kebetulan Pak Kepala Sekolah yang baru a.k.a Bapak Mulyadi Suryono itu jago nggambar. Dan entah kenapa, beliau akhirnya ngebimbing saya buat belajar nggambar. Bahkan disuruh latihan, latihan dan latihan.

Saya akhirnya diikutkan lomba gambar lagi. Di perlombaan kali ini, saya nggambar “REOG PONOROGO” yang lebarnya se-kertas manila. Karena teknik yang diajarkan Pak Kepala, saya akhirnya bisa jadi juara 1. Gokil!

Itu adalah prestasi yang bener-bener membanggakan buat saya. Sungguh nggak nyangka banget waktu itu. Sehabis juara tingkat Kecamatan, saya pun ditunjuk maju ke tingkat Kabupaten. Tapi sayangnya ditingkat Kabupaten, saya kalah. Gambar lawan bener-bener bagus banget, sungguh.

Ndilalah, saya kembali ditunjuk ikut lomba nggambar. Bahkan sampai 2x ikut lomba gambar dan saya mboyong 2 piala (juara 1 semua). Saya juga nggak nyangka, apalagi di lomba terakhir saya belum selesai mewarnai. Belum selesai mewarnai kok bisa menang? Kan aneh banget ya. Apa ada konspirasi? Hmm, saya sendiri juga nggak tau pastinya.

Next, saat SMP saya juga masih suka nggambar. Hampir disetiap lomba nggambar, saya selalu diikutin. Awalnya saya ikut lomba tingkat sekolah, terus kalah. Nggak patah semangat, saya semakin getol buat nggambar.

Selang beberapa waktu ada lomba gambar, waktu itu gambar batik. Akhirnya, saya dapet juara 1 ngalahin kakak kelas saya. Waktu kelas 8, saya ikut lomba gambar lagi temanya lingkungan hidup. Dapet juara 1 lagi. Ada lagi lomba kaligrafi tingkat kecamatan, saya juara 1 lagi.

Skill nggambar saya waktu itu saya manfaatin buat jualan. Jadi kalau ada tugas nggambar, saya biasanya nggambarin punya temen haha. Saya matok Rp 500 – 5000 sesuai dengan tingkat kesulitan. Soalnya, males amat nggambarin punya orang wkwkwk 😎

Emang ini kurang baik sebagai pelajar, tapi dari situ saya mulai belajar melihat peluang.

Yah, itu sewaktu di SMP. Lanjut ke SMK. Saya juga pernah ikut lomba gambar, kaligrafi. Sayangnya bukan juara 1, tapi juara 3. Hmm, sayang banget nggak juara 1 lagi. It’s okay.

Tapi, seiring berjalannya waktu saya mulai sadar bahwa nggambar itu nggak baik. Nggak baiknya dimana?

Jadi gini ceritanya. Saya kan punya kakak kelas tuh, dia itu punya blog pribadi. Kebetulan saya itu suka banget sama blognya doi. Tapi suatu ketika, doi bikin artikel kontroversial tentang nggambar.

Intinya njelasin bahwa nggambar itu dosa. Why? Banyak spekulasi di otak saya dong. Masa iya, hobi yang saya suka bikin dosa.

Rasa penasaran itu terjawab setelah bercengkrama dengan Mbah Gugel. Si Mbah njelasin bahwa nggambar itu dosa, khususnya yang makhluk hidup. Ada yang punya pendapat : boleh nggambar asal bukan makhluk bernyawa seperti tumbuhan, ada juga yang berpendapat : nggak boleh nggambar mirip ciptaan Sang Pencipta.

Si pencipta gambar ini, bakal dapet siksa pas hari kiamat dan akhirat. Pas kiamat itu disuruh hidupin makhluk yang udah dibuat, baik itu dari 2D maupun 3D. Kalau semisal nggak bisa, bakal terus disiksa.
“Orang yang menggambar gambar-gambar ini (gambar makhluk bernyawa), akan diadzab di hari kiamat, dan akan dikatakan kepada mereka: ‘hidupkanlah apa yang kalian buat ini"
(HR. Bukhari dan Muslim).

Sobat bisa baca detailnya di sini :  Hukum menggambar makhluk bernyawa

Waduh, ngeri!

Waktu itu tanpa pikir panjang, saya akhirnya ngerobek dan ngebakar semua hasil karya saya. Bahkan gambar seukuran 2x kertas manila, saya luluh-lantahkan. Gambar bermeter-meter itu saya jadiin abu.

Sekarang tinggal gambar naga + monster yang ada di dinding kamar saya yang belum diilangin. Soalnya bingung ngilanginnya gimana, pake penghapus susah. Pake cat, nggak ada cat. Sebagian gambarnya udah ilang, tapi masih berbekas dan agak berbentuk.



Niatnya mau gambar naga vs monster, tapi akhirnya saya hapus 👍
Ini awalnya gambar Gunungan Wayang Kulit, tapi saya robak-robek 💩

Nah, sehabis nyobek-nyobek gambar itu, saya jadi mulai nggak suka nggambar. Bener-bener nggak ada niatan nggambar sama sekali. Anti gambar gambar club~

#CATUR


Hobi Saya Dulu - Catur
source : pexels.com on CC0 License

Selain nggambar, saya juga hobi catur. Olahraga ini bener-bener nyenengin banget. Ibaratnya, kita lagi perang sama musuh. Siapa yang taktik dan strateginya paling unggul, dia yang menang.

Awal mula saya kenal catur itu sewaktu SD dulu. Saya diliatin permainan catur dan saya cukup kepincut sama permainan ini. Karena kepo, saya nekat buat nantangin tetangga saya yang namanya Manarul.

Gilanya, doi bisa ngalahin saya dalam waktu kurang dari 5 menit saja. Cuman beberapa langkah, langsung skakmat. Saya akhirnya nantangin doi lagi, tapi tetap kalah juga.

Dari situ, saya terus belajar tentang catur. Sampai akhirnya saya bisa dan tahu peraturan catur itu seperti apa. Kebetulan adek saya juga sama-sama belajar sama saya, jadi bisa main catur bareng.

Ngelawan adek saya, saya lebih gampang menang. Beda kalau lawannya Manarul, saya lebih sering kalahnya. Kalau ngelawan doi, tingkat fokus saya bisa lebih tinggi karena taktiknya itu kadang nggak bisa ditebak.

Karena sering ngelawan Manarul, skill catur saya tentu meningkat. Dibanding temen sekelas, saya mungkin jadi yang paling bisa. Soalnya nggak banyak juga temen saya yang suka catur, mereka lebih suka main bola sama voli. Lha, saya kan nggak terlalu suka olahraga yang banyak geraknya gitu 😂

Nah sewaktu SD kelas 3 atau 4 (lupa), saya ikut lomba meski menanggung kekalahan. Di perlombaan selanjutnya (kelas 5) saya diikutkan lomba lagi. Alhamdulillah dapet juara 1. Sayang, ditingkat Kabupaten saya kalah dengan skor 2 kalah 1 menang. Karena dengan sistem gugur, saya nggak bakal bisa di 6 besar. Ya udah, daripada lama-lama puyeng mending balik aja deh.

Sewaktu di SMP, nggak ada tuh yang namanya lomba catur. Jadi kita bakal lanjut ke SMK.

Waktu itu ada classmeeting setelah UAS (kalau nggak salah). Kebetulan banget ada lomba catur dan saya ikut deh lombanya. Akhirnya dapet lagi juara 1 ngalahin kakak kelas dan adek kelas. Lumayan, dapet duit 100 rebu.


Sayangnya, hobi catur ini kembali saya PUPUS-kan. Kenapa? Soalnya nggak ada rival buat main bareng. Selain itu, saya juga dapet kabar bahwa main catur itu dosa. Bahkan lebih buruk dosanya ketimbang main dadu dan kartu. Info lebih jelasnya bisa cek di sini.

Hobi-hobi saya yang dulu akhirnya hilang, tergantikan dengan yang baru. Apa hobi baru saya? Saya juga sedang mencarinya...

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar :)